Skip to content
Bagas' Hideout

Kebahagiaan di Minggu Pagi

Non-Teknis1 min read

Tulisan ini ditulis di sela-sela saya sedang menuliskan kalimat demi kalimat di salah satu bab pada tugas akhir saya di salah satu sudut kedai kopi langganan.

Sembari menulis, saya mendengarkan salah satu episode dari podcast yang bernama bandungtanpakamu. Yah mungkin kalian sudah tidak terlalu asing dengan podcast ini.

Saya mendengarkan salah satu episodenya yang berjudul Generasi Minggu Pagi. Seketika langsung teringat jaman dulu ketika saya masih kecil. Saat ketika masih sering bermain ketimbang overthinking, Saat ketika kebahagiaan sangat mudah ditemui, contohnya di televisi tabung yang terletak di ruang keluarga.

Masih ingat rasanya bahagia karena bisa bangun pagi-pagi buta di minggu pagi, dan langsung duduk manis didepan televisi tabung. Menggapai remot televisi dengan tangan mungil ini, kemudian menghidupkan televisi itu, dan menikmati sebuah pentas mewah di minggu pagi.

Dibuka dengan keberanian Ultraman dalam membasmi monster dan alien jahat yang datang ke bumi. Kemudian dilanjutkan dengan kelucuan Pikachu dan Ash yang bertualang dalam sebuah dunia yang dipenuhi oleh makhluk-makhluk aneh nan lucu yang yang disebut Pokemon.

Dilanjutkan dengan pertarungan kartu yang berisi monster kuat nan menyeramkan dari Yugi, Jounouchi, Kaiba, dan teman-temannya di serial Yu-Gi-Oh. Semakin matahari naik ke atas, semakin seru pentas mewah ini dengan pertarungan monster menyeramkan yang awalnya berbentuk bola kecil yaitu Bakugan oleh Dan Makuso dan teman-temannya.

Waktu menunjukkan tepat jam 9 pagi, ini saatnya untuk Power Rangers Wild Force melindungi bumi dengan kekuatan dari Wild Zordsnya, dibuat kagum dengan kekuatan dan penampilan si Merrick atau Lunar Wolf Ranger yang bebas dari kutukan Org Zen Aku.

Tak ketinggalan si fans pahlawan bertopeng yang kecil imut nan lucu Shinchan dalam serial Crayon Shinchan, Rengekan Nobita kepada Doraemon karna dijahili Giant dan Suneo pada serial Doraemon pun menambah keseruan di minggu pagi.

Dan akhirnya ditutup dengan kegagahan Masked Rider Ryuki memberantas monster pada jam 11 siang.

Kembali teringat kalau dulu tidak bisa melepas posisi sampai ibu mulai bereaksi.

Dengan suaranya yang lantang, beliau berteriak "Leee, Mandiii".

Sejenak tersenyum rindu setelah menulis kalimat itu.

Heran, kenapa dulu hanya dengan formulasi tayangan kartun setiap minggu pagi, saya bisa sebahagia ini?

Dan saya bersyukur pernah menjadi pasukan generasi minggu pagi, menikmati kebahagiaan tanpa ancaman teknologi.

Sejenak menikmati perjalanan menggunakan mesin waktu yang bernama kenangan, kembali ke masa lalu dimana kebahagiaan mudah didapat semudah membalikkan telapak tangan.