Skip to content
Bagas' Hideout

Kewajiban yang tidak pernah selesai

Non-Teknis1 min read

Beberapa hari yang lalu setelah tulisan ini di publikasikan tepatnya di hari Jumat tanggal 26 Februari 2021 sekitar pukul 15:30 WIB, saya menjelaskan hasil dari penelitian yang saya lakukan untuk tugas akhir di depan 3 dosen penguji di dalam ruang laboratorium multimedia yang dingin karena hembusan angin dari AC serta suasana di luar yang sedang hujan lebat.

Slide demi slide saya jelaskan dengan perlahan dan terbata-bata karena rasa grogi yang membuat kaki sedikit gemetar dan pikiran menjadi kurang fokus untuk mengingat penjelasan yang sebelumnya sudah dirangkai sedemikian rupa untuk disampaikan.

30 menit berlalu dengan begitu cepat, saya pun selesai menjelaskan materi yang sudah saya buat dan kemudian masuk ke dalam sesi demo aplikasi. Salah satu dari dosen penguji mencoba beberapa fitur pada aplikasi yang saya kembangkan. Pikiran pun semakin menjadi tidak karuan karena saya ingat sehari sebelumnya saya mengecek kembali fitur yang saya buat dan masih terdapat banyak bug dan kekurangan di dalamnya.

Namun kenyataan berkata lain, tidak ada bug yang muncul selama dosen tersebut mencoba memainkan aplikasinya. Alhamdulillah, demonya berjalan dengan lancar. Kemudian berlanjut ke sesi tanya jawab hingga akhirnya kegiatan tersebut selesai dan mendapat nilai akhir yang memuaskan.

Perjalanan menjadi mahasiswa yang sudah dijalani selama kurang lebih 5 tahun pun hampir selesai, semua ilmu yang didapat selama perjalanan tersebut pun siap untuk diaplikasikan untuk hal-hal yang dapat memberikan manfaat positif ke diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Namun bagaimana dengan "belajar"? Apakah ikut selesai juga bersamaan dengan selesainya masa kuliah?

Tentu saja tidak.

Belajar merupakan sebuah kewajiban yang tidak akan pernah selesai.

Belajar adalah sebuah proses yang dilakukan oleh manusia untuk tahu tentang sesuatu yang sebelumnya tidak diketahuinya dan bisa melakukan sebuah kegiatan yang sebelumnya tidak bisa dia lakukan.

Bahkan untuk sebuah kegiatan sepele seperti membaca, menulis, dan bermain game juga butuh belajar untuk dapat bisa melakukan kegiatan-kegiatan tersebut.

Banyak hal yang perlu dipelajari untuk menghadapi tantangan-tantangan selanjutnya setelah masa ini, baik dari segi teknis maupun non teknis. Selalu merasa tidak puas dengan yang dimiliki saat ini agar dapat menampung pengetahuan-pengetahuan baru lebih banyak lagi.

Serta tentunya berusaha untuk tetap rendah hati dan berpikiran terbuka supaya dapat menerima masukkan dari orang lain yang efeknya adalah dapat menjaga hubungan baik antar sesama dan juga bakal munculin sumber-sumber ilmu baru untuk diri sendiri.

Congratulations to me!