All Articles

Tipe Data Array pada Javascript

Well hello teman-teman, apa kabar? Semoga kalian semua baik-baik aja ya. Hari ini entah kenapa saya benar-benar merasa kesepian. Dan akhirnya kepikiran buat nulis artikel ini buat melupakan sejenak kesepian itu.

Bahasannya ngga terlalu berat kok, yaitu tentang salah satu tipe data yaitu Array. Kali ini saya bakal bahas tentang Array dalam bahasa Javascript.

Langsung ke TKP!

Array adalah tipe data yang bisa mengandung lebih dari satu nilai. Jadi bisa dibayangkan Array ini adalah sebuah kotak dimana kita bisa isi berapa pun yang kita mau.

Nah ini adalah contoh deklarasi Array pada bahasa Javascript.

var kotak = ["Pisang", "Apel", "Mangga"];

disini var digunakan untuk mendeklarasikan variabel dalam Javascript. Lalu kotak adalah nama variabel Array yang saya buat. Nah bedanya dengan yang lain adalah Array menggunakan Kurung persegi dalam mendeklarasikan dirinya. Nah gunanya adalah sebagai wadah untuk nilai-nilai yang akan saya masukkan. Dan didalamnya bisa dimasukkan tipe data string maupun integer. Untuk memasukkan nilai string diperlukan tanda petik dua ("") sedangkan untuk integer tidak perlu. Memisahkan satu nilai dengan yang lain adalah dengan menggunakan tanda koma.

Nah perlu diingat juga untuk urutan penyimpanan nilai yang ada didalam Array adalah dimulai dari 0. Dan berikut adalah contoh untuk mengakses nilai yang ada di dalam array adalah dibawah ini.

alert(kotak[1]);

Dalam contoh ini saya menggunakan popup box alert untuk menampilkan hasilnya. Terlihat saya mengambil nilai dalam Array adalah dengan menuliskan nama Array-nya dan urutan nilai yang akan saya ambil. Dimana urutan 1 adalah untuk nilai “Apel”, maka nilai “Apel” akan ditampilkan pada popup box alert.

Memanggil nilai terpilih

Itu tadi adalah Array pada Javascript, Mudah kan? Kalau masih ada yang bingung bisa komen dibawah yaa. Semoga harimu menyenangkan, Cheers!


Walaupun teman-temanku meninggalkan diriku disini sendirian dan dunia ini terasa menjauhiku, aku akan tetap terus berkarya.



Ditulis sambil dengerin lagu Lemon dari Kenshi Yonezu
Dan menikmati malam sendirian
Di kamar kos tercinta
Bantul, Yogyakarta