All Articles

Jangan Lupa Jaga Kesehatan

Seminggu sebelum tulisan ini, bapak ku berkunjung ke Jogja karena ada keperluan yang harus dia selesaikan. Dan kebetulan dia memilih menginap dikos ku karena tidak memakan biaya yang banyak. Ya, hanya untuk beli makan aja. “Nah waktu yang bagus banget nih buat ngobrol face to face sama beliau” pikirku. Karena memang ketika dirumah pun jarang bertemu sebab beliau ketika pagi bekerja di puskesmas dan ketika malam berpindah ke klinik. 24-hours work for family, He is the real Superhero for me. i love him very much.

Yang aku bingung, kenapa beliau dengan aktivitas padat seperti itu masih tetap saja keliatan segar bugar dan sehat. Akhirnya kami berdua pun ngobrol santai tentang hal itu. Ya, bagaimana cara menjaga kesehatan ditengah padatnya kegiatan yang sedang aku jalani.

Pertanyaan demi pertanyaan aku berikan ke bapak. Beliau menjawab dengan sangat simple. Ada sekitar 5 hal yang beliau beri tahu ke aku, yang bakal aku coba tuliskan disini.

1. Waktu kerja normal itu sekitar 8 jam perhari, lebih dari itu kamu termasuk abnormal.
Yups, 8 jam. Beliau bilang seperti ini karena beliau juga menerapkan hal ini. Dan menurut pengalaman pribadi memang sangat menyakitkan badan sih kalau misal lebih dari 8 jam. Jadi kami berdua sudah membuktikan untuk hal ini. Belum sempat riset juga di internet tentang hal ini, tapi aku percaya ini adalah best advice dari bapak. Abnormal disini artinya secara tidak langsung kamu sedang menyakiti badanmu secara perlahan dengan kegiatan yang terlalu lama durasinya.

2. Buat skala prioritas kerjaan yang mana dulu yang mau diselesaikan.
We are not Superman, who can finish many problem so fast. Buat skala prioritas. Mana yang lebih penting, lebih mendesak, lebih membutuhkan perhatian khusus yang harus diselesaikan. Menurutku ini juga yang bisa mempercepat proses pengerjaan, ya karena kita tau apa yang harus kita selesaikan atau kita kerjakan. Semakin cepat diselesaikan, semakin cepat bisa istirahat. Inget, jangan nambah lagi!

3. Masang ambisi terlalu tinggi dan ga mikir kesehatan itu goblok.
Ya, akhirnya aku sadar aku adalah orang yang goblok. Aku seperti jadi yes man yang akan berkata “ya” disetiap kesempatan yang aku dapatkan tanpa berpikir dampaknya kedepan. Mulai belajar berkata “tidak” ke setiap hal yang tidak terlalu menguntungkan walaupun terlihat menarik. aku bersyukur bisa mendapatkan banyak tawaran, tapi juga harus sadar diri. Kadang badan dan pikiran ini ngga sanggup menampung ambisi yang terlalu tinggi. Mulai realistis ajalah singkatnya.

4. Harus ada day off, gunakan untuk istirahat semaksimal mungkin.
Adanya hari minggu itu digunakan untuk mengistirahatkan badan dan pikiran. Entah itu tidur, melakukan hobi seperti membaca buku, main futsal, apapun itu terserah. Yang penting bisa bikin badan dan pikiran jadi segar dan fresh lagi. (Ah jadi inget senangnya ketika hari minggu datang pas waktu SD dulu)

5. Kurangin main sosmed biar ngga iri sama orang yangg suka pamer ngelembur, you have your own learning tempo.
Yang terakhir ini yang sulit banget, yup mengurangi penggunaan sosmed. Dan kebetulan aku juga follow orang sering share aktifitas “lembur” mereka. Yang mungkin menurut mereka atau kalian itu keren. Yang aku dan bapakku percaya, setiap orang punya tempo belajar yang berbeda-beda. Dan karena melihat orang lain melakukan “lebih” dari yang dilakukan, maka yang terjadi adalah iri dan mulai mengikuti tanpa berpikir keadaan yang sebenarnya kalau badan ini sudah lelah.

Yah itu hasil ngobrol-ngobrol dengan bapak di malam itu, asik banget. Alhamdulillah beberapa hari yang lalu beliau sudah sampai rumah lagi dengan selamat. See ya next year, pak!

Buat kalian jangan lupa jaga kesehatan ya!

Satu lagi, jangan lupa sarapan! Kata bapakku, sarapan dulu aja walau cuman segelas teh manis anget. Itu bakal sangat membantu menjaga stamina selama menjalani aktifitas yang padat seharian. Thanks for hearing me, maaf ceritanya jadi panjang. Btw, artikel ini ditulis di warmindo deket kosan pas jam 1 malem. Masih ngelunjak emang aku, cuman aku bakal berusaha yang terbaik buat menjaga kesehatan badanku. Cheers!