Microblogging Untuk Journaling

Menulis Jurnal

Sudah sekitar semingguan ini saya mencoba melakukan sebuah kegiatan yang bernama microblogging. Awalnya saya mengetahui tentang kegiatan ini pada salah satu artikel yang ditulis oleh mas Fariz Rizaldy yaitu yang ini.

Yang di artikel tersebut mas Fariz menjelaskan alasan dia memulai microblogging adalah karena ingin benar-benar merasa sosial media saat ini sudah kehilangan faktor “sosial”-nya.

Salah satu penyebabnya adalah munculnya iklan pada sosial media. Dan juga sering digunakan untuk kegiatan seperti promosi, jualan, blablabla.

Kalau kata doi, sudah gaada “What’s Happening”nya kaya yang dulu.

Itu alasan dia, alasanku?

Namun saya berbeda dengan dia. Saya gunakan Microblogging ini untuk Journaling. Karena saya orangnya itu ga nyaman kalo mengutarakan pendapat langsung di sosial media.

Jadi saya lebih baik menulis untuk diri saya sendiri, dan memindahkan pemikiran dari otak ke dalam sebuah tulisan. Sehingga tidak menjadi beban di otak. Dan bisa memikirkan hal lain dengan bebas tanpa takut terlupa dengan yang ini, Aseek hahaha.

Oiya saking asiknya jelasin sampai belum ngasih tau apa itu microblogging dan journaling, haduh.

About Microblog

Jadi microblog itu adalah sebuah bentuk blog yang memungkinkan penggunanya untuk menulis sebuah artikel mini yang biasanya kurang dari 200 karakter lalu dipublikasikan untuk semua orang atau hanya orang tertentu yang misalnya mengikuti sang penulis.

Dan medianya bebas, bisa lewat sosial media, blog pribadi, dan lain-lain. Nah yang mas Fariz dan saya gunakan adalah fitur Channel pada aplikasi Telegram Messenger.

Fitur Channel ini hampir sama seperti grup pada aplikasi messenger lainnya, namun disini hanya sang admin saja yang bisa menulis dan membagikan pesan. Nah disini saya memanfaatkan fitur ini bukan hanya untuk microblogging, tapi juga sekaligus untuk journaling.

Jadi, Journaling itu apa?

Menurut beberapa sumber yang saya dapat, singkatnya Journal adalah sebuah buku yang dibuat untuk diri sendiri. Isi dari buku tersebut adalah pengalaman, pikiran, dan ide kita.

Saya mencoba mencatat setiap apa yang saya alami, pikirkan, dan rasakan. Dan arahnya lebih ditujukan kepada diri sendiri. Karena tujuan saya menulis ya untuk diri sendiri, kalau memang ada orang yang suka dengan tulisan saya, itu saya anggap bonus.

Kenapa menulis?

Karena saya adalah seorang pemrogram (programmer) yang memang kerjaan utamanya itu menulis baris kode didalam kode editor. Ya, Menulis. Saat ini juga menjadi pengisi artikel di Blog DevHeroes dan EvilFactoryLabs.

Dan juga tentunya di blog ini!

Btw, saya sudah memindahkan semua tulisan teknis saya ke kedua blog di atas. Dan di blog ini saya hanya akan fokus menulis tentang pengalaman, pendapat, dan pemikiran yang mungkin engga terlalu teknis-teknis amat.

Dan tentunya saya sering melakukan microblogging di sini. Silahkan ikuti kalau tertarik. Saya selalu menulis tentang apapun di sana.

Thanks for stopping by, semoga harimu menyenangkan!