Yang Penting Selesai Dulu Aja

Mau cerita sedikit tentang hari ini.

Hari ini saya dan teman-teman dijadwalkan buat ujian Mata Kuliah Pengembangan Aplikasi Basis Data. Sudah diberitahu di minggu sebelumnya tentang materi yang akan diujikan. Dan masih dengan perasaan “Harus menjadi yang paling sempurna, terbaik, dan terbagus”.

Saya pun dibuat gusar selama beberapa hari yang lalu. Kira-kira apakah saya bisa melakukannya? Apakah saya bisa membuatnya menjadi yang terbaik? Apakah saya bisa menyaingi teman-teman saya yang notabene saya anggap lebih pintar dari saya?

Dan karena terlalu penat berpikir, akhirnya saya jatuh sakit. Sepele sih, hanya tenggorokan saya sakit (Disclaimer : saya bukan perokok aktif), badan terasa lemas, dan hidung mampet. Dan memang ketiga gejala tersebut selalu saya alami ketika saya kelelahan.

Memilih berbaring dikasur kosan padahal saya memiliki beberapa kerjaan yang belum terselesaikan. Tidak bisa apa-apa, sedih rasanya. Kemudian saya teringat perkataan mas fariz, rekan saya di evilfactorylabs sewaktu kami ngobrol di telegram setelah saya berhasil menyelesaikan event Capture The Flag yang diadakan oleh anggota evilfactorylabs.

kira-kira seperti ini kalimat dari dia.

katanya mas fariz

Kemudian karena badanku drop, tadi malam aku akhirnya istirahat penuh. Berharap dengan bekal materi yang sudah diberikan di minggu sebelumnya, aku bisa menyelesaikan ujian di hari ini.

Ya hanya berharap menyelesaikannya saja, tidak lebih.

Di pagi hari, badan sudah terasa enakan. Saya pun bersiap-siap kemudian berangkat ke kampus.

Sesampainya di kampus ternyata soal sudah diberikan, segera membuka dan menghidupkan laptop. Kemudian membaca perlahan instruksi yang ada pada soal. Kami di instruksikan untuk membuat sebuah aplikasi sederhana dengan fitur utamanya yaitu bisa membaca, menghapus, menyimpan, mengubah dan mencari data.

Akhirnya dari situ pun saya kepikiran untuk menggunakan bantuan aplikasi trello sebagai pencatat dan pengingat tentang fitur apa saja yang harus diselesaikan.

Kira-kira saya buat seperti ini, sederhana sih. Yang penting bisa membuat saya fokus ke tujuan akhir saya.

simple trello task

Dan Alhamdulillah saya bisa menyelesaikannya sesuai instruksi, saya kaget karena menjadi orang pertama yang menyelesaikan soal tersebut dikelas. Lebih dari apa yang saya inginkan sebelumnya. Tapi rasanya senang banget bisa selesai sampai akhir.

Yaa mungkin itu sedikit curhatan dari saya tentang hari ini. Terimakasih sudah mampir!